Mind map sering diartikan sebagai peta pikiran. Menurut Buzan (2011), mind map adalah sebuah cara termudah dalam menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi keluar otak sebagai cara untuk mencatat secara kreatif, efektif, dan harafiah yang memetakan pikiran-pikiran. Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat mind map antara lain: kertas kosong tak bergaris, pena atau pensil, pensil warna, imajinasi, dan otak atau pikiran.
Langkah-langkah membuat mind map menurut Buzan adalah sebagai berikut:
1. Memulai dari bagian tengah kertas, sisi yang panjang diletakkan mendatar.
2. Menggunakan gambar atau foto untuk judul di bagian tengah.
3. Menggunakan warna yang menarik (pensil warna).
4. Membuat cabang yang menghubungkan ke gambar pusat.
5. Garis cabang harus dengan 1 warna yang sama.
5. Garis cabang harus dengan 1 warna yang sama.
6. Membuat garis hubung yang melengkung, untuk membuat cabang.
7. Menggunakan satu kata kunci untuk setiap cabang.
8. Menggunakan gambar untuk memperjelas kata kunci yang dibuat.
Guru dapat membantu siswa memperdalam materi pelajaran dengan meminta siswa membuat mind map dari materi-materiya. Guru dapat memberikan contoh bentuk-bentuk mind map, kemudian meminta siswa untuk membuat mind map sesuai dengan kreativitas masing-masing. Mind map pada dasarnya memiliki banyak kegunaan bagi siswa. berikut adalah kegunaan-kegunaan mind map bagi siswa SD:
1. Lebih baik dalam mengingat.2. Menghemat waktu
3. Memanfaatkan waktu yang kita miliki dengan sebaik-baiknya.
4. Mengatur pikiran kita, hobi, dan hidupmu.
5. Mengaktifkan seluruh otak dan membuat siswa fokus pada pokok bahasan.
7. Membantu memunculkan ide-ide kreatif.
8. Memudahkan dalam menyerap fakta dan informasi baru dengan mudah.
Berikut adalah contoh gambar mind map yang telah saya buat berdasarkan materi perkuliahan yang diberikan kepada saya.
Mind map dapat dibuat menggunakan bantuan program komputer Edraw map. Anda dapat mengunduh dan menginstal program tersebut di blog ini dengan mengklik nama Edraw map ini.
*Selamat Belajar







0 komentar:
Posting Komentar